Kesuksesan finansial
suatu perusahaan sangat bergantung pada manajemen pemasaran
nya.Finansial,operasi akuntansi tidak akan ada artinya jika tidak ada
permintaan suatu barang yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.Maka dari itu
terbentuknya Manajemen Pemasaran untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan
dengan produk yang telah diproduksi.
Sebelum melangkah
mengetahui apa itu Manajemen Pemasaran,ada baiknya kita mengetahui apa itu
pasar ? dan apa itu pemasaran ? agar lebih jelas definisi sebagai berikut.
Pasar
adalah Suatu tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan
transaksi atas suatu produk tertentu atau kelas produk tertentu.
Sedangkan Pemasaran
menurut para ahli :
a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah
kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui
proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran
adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan
kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan
pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem
keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Pemasaran
adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang
yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan
perusahaan
Manajemen pemasaran
berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan
Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan
pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun,
dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk
mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan
(Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan
pengawasan.
Jadi dapat diartikan
bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan
pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud
untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.Jadi Manajemen pemasaran merupakan
seni dan ilmu yang mempelajari produk apa yang akan diproduksi dan sasaran
konsumen mana saja yang akan ditargetkan oleh perusahaan serta dengan harga
berapa produk yang akan pasar kan terjangkau oleh kalayak umum selain itu
dengan menajemen pemasaran bisa mengetahui cara dan jenis promosi yang
bagaimana agar promosi tepat sasaran dan bisa diterima di hati calon
konsumen,setelah produk jadi dan sasaran-sasaran telah ditetapkan dan
jenis-jenis promosi telah dipilih yang terakhir adalah seorang manajer bisa
memilih saluran distribusi barang agar produk yang dihasilkan diterima secara
meluas.
0 komentar:
Posting Komentar