Manajemen Pemasaran

Kesuksesan finansial suatu perusahaan sangat bergantung pada manajemen pemasaran nya.Finansial,operasi akuntansi tidak akan ada artinya jika tidak ada permintaan suatu barang yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.Maka dari itu terbentuknya Manajemen Pemasaran untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan produk yang telah diproduksi.
Sebelum melangkah mengetahui apa itu Manajemen Pemasaran,ada baiknya kita mengetahui apa itu pasar ? dan apa itu pemasaran ? agar lebih jelas definisi sebagai berikut.
Pasar adalah Suatu tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi atas suatu produk tertentu atau kelas produk tertentu.
Sedangkan Pemasaran menurut para ahli :
a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.


Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.Jadi Manajemen pemasaran merupakan seni dan ilmu yang mempelajari produk apa yang akan diproduksi dan sasaran konsumen mana saja yang akan ditargetkan oleh perusahaan serta dengan harga berapa produk yang akan pasar kan terjangkau oleh kalayak umum selain itu dengan menajemen pemasaran bisa mengetahui cara dan jenis promosi yang bagaimana agar promosi tepat sasaran dan bisa diterima di hati calon konsumen,setelah produk jadi dan sasaran-sasaran telah ditetapkan dan jenis-jenis promosi telah dipilih yang terakhir adalah seorang manajer bisa memilih saluran distribusi barang agar produk yang dihasilkan diterima secara meluas. 

0 komentar:

Posting Komentar